Era globalisasi dengan segala implikasinya menjadi salah satu pemicu cepatnya perubahan yang terjadi pada berbagai aspek kehidupan masyarakat, dan bila tidak ada upaya sungguh-sungguh untuk mengantisipasinya maka hal tersebut akan menjadi masalah yang sangat serius. Dalam hal ini dunia pendidikan mempunyai tanggung jawab yang besar, terutama dalam menyiapkan sumber daya manusia yang tangguh sehingga mampu hidup selaras didalam perubahan itu sendiri. Pendidikan merupakan investasi jangka panjang yang hasilnya tidak dapat dilihat dan dirasakan secara instan, sehingga sekolah sebagai ujung tombak dilapangan harus memiliki arah pengembangan jangka panjang dengan tahapan pencapaiannya yang jelas dan tetap mengakomodir tuntutan permasalahan faktual kekinian yang ada di masyarakat. Untuk itulah SMK Negeri 3 Magelang dengan management baru siap menghantar siswa siswinya menjawab tantangan dan tuntutan zaman sehingga masa depan yang gemilang senantiasa ada ditangan mereka.

Tuesday 21 November 2017

SISWA SMK NEGERI 3 MAGELANG PROMOSIKAN SENI BUDAYA INDONESIA DI MELAKA MALAYSIA


Ramada Plaza Melaka Malaysia merupakan salah satu hotel yang menjadi penyelenggara Promosi makanan dan karya seni budaya Indonesia yang diberi judul “ Indonesia Food and Cultural Promotion”
SMK Negeri 3 Magelang dipercaya menjadi duta promo budaya, dengan mengirimkan beberapa siswa yang tergabung dalam Tim penari. Kegiatan yang berlangsung dari tanggal 11- 24 September 2017 menampilkan beberapa tarian dari budaya Indonesia. Tujuan utama adalah memperkenalkan karya seni budaya Indonesia kepada masyarakat di negara Malaysia, dan mempererat jalinan hubungan antara dua negara sebagai negara serumpun.Indonesia yang teridiri dari beribu pulau suku dan budaya yang beragam kaya akan karya seni tradisional yang mempunyai ciri khas masing-masing daerah. Karya Seni tarian tradisional dari berbagai daerah tersebut ditampilkan oleh para tim penari siswa SMK Negeri 3 Magelang. Setiap malam mereka pentas seni sekitar tiga macam tarian. Tarian tersebut seperti Tari Gambyong (DIY), Tari Batik (DIY), Tari Pangestuti (Jateng), tari Soul (Jateng), Tari Semarangan (Semarang), Tari Samirah Cengklung ( Jatim), Tari Kuntulan (Magelang), Tari Rampak (Jateng), Tari Gegala (Jateng), Tari Lancang Kuning (Riau), Tari Tor-Tor (Batak), Tari Indang (Sumatra), Tari Enggang (Kalimantan), Tari Soyong (Jateng), Tari Pendet (Bali), Tari Belibis (Bali), Manuk Rawa (Bali), Panji Semirang (Bali), Tari Dayak’an ( Magelang), Tari Yapong ( Jawa ).
Dalam kegiatan pembukaan acara dihadiri oleh YBHG Datuk Ghazali Muhammad dari Kementrian Pelancongan Melaka, Kojen Johor Bahru Haris Nugroho, wakil dari Dinas Pendidikan Kota Magelang, General Manager Ramada Hotel Melaka Edouard Reizian. Atdikbud Malaysia sangat memberikan dukungan atas penyelenggaraan kegiatan promo kuliner dan budaya Indonesia di negara Malaysia.
SMK Negeri 3 Magelang merasa mendapat kehormatan dipercaya menjadi duta promo budaya Indonesia. Berbagai persiapan dilakukan, bermula dari kegiatan Ekstrakurikuler Tari dalam asuhan Ibu Wiwit Prasetyani pimpinan Sanggar Tari Sekar Jagat dan Sanggar Tari Saraswati Kota Magelang . Semangat berlatih yang dilakukan siswa sangat luar biasa. Secara telaten menekuni mempelajari dan menghafalkan semua gerakan-gerakan tari yang sangat bervariasi tersebut.
Sambutan hangat dan respon antusias yang membanggakan dari hasil pentas tim penari sangat membahagiaakan para siswa. Terlebih beberapa pujian atas kehebatan menampilkan karya seni budaya dari beberapa tarian yang ditampilkan. Ada rasa bangga terhadap budaya yang dimiliki bisa dipersembahkan dan dikenalkan kepada masyarakat negara lain. Hal ini sebagai wujud cinta tanah air dan cinta budaya Indonesia.

0 comments:

Post a Comment