Era globalisasi dengan segala implikasinya menjadi salah satu pemicu cepatnya perubahan yang terjadi pada berbagai aspek kehidupan masyarakat, dan bila tidak ada upaya sungguh-sungguh untuk mengantisipasinya maka hal tersebut akan menjadi masalah yang sangat serius. Dalam hal ini dunia pendidikan mempunyai tanggung jawab yang besar, terutama dalam menyiapkan sumber daya manusia yang tangguh sehingga mampu hidup selaras didalam perubahan itu sendiri. Pendidikan merupakan investasi jangka panjang yang hasilnya tidak dapat dilihat dan dirasakan secara instan, sehingga sekolah sebagai ujung tombak dilapangan harus memiliki arah pengembangan jangka panjang dengan tahapan pencapaiannya yang jelas dan tetap mengakomodir tuntutan permasalahan faktual kekinian yang ada di masyarakat. Untuk itulah SMK Negeri 3 Magelang dengan management baru siap menghantar siswa siswinya menjawab tantangan dan tuntutan zaman sehingga masa depan yang gemilang senantiasa ada ditangan mereka.

Tuesday 21 November 2017

SMK NEGERI 3 MAGELANG JUARA TARI KLASIK GAYA SURAKARTA


Dinas Pendidikan Kota Magelang mengadakan lomba Kesenian dan Kebudayaan dalam rangka pengembangan nilai-nilai budaya. Perlombaan itu dimaksudkan sebagai unjuk kemampuan dan sarana pembelajaran bagi para peserta lomba atau pelaku kesenian dalam mengembangkan kesenian dan kebudayaan. Lomba ini juga sebagai wadah bagi generasi muda untuk mengenal lebih jauh aneka kesenian sekaligus sebagai ajang pembuktian kemampuan dan kreativitas para peserta dalam mengembangkan kesenian agar dapat berkembang sesuai perkembangan jaman dengan tidak meninggalkan nilai tradisional. Lomba diperuntukkan untuk tingkat SD, SMP/MTs dan SMA/SMK/MA.
SMK Negeri 3 Magelang sebagai lembaga pendidikan yang ada di kota Magelang berpartisipasi mengirimkan duta dalam Lomba Tari Klasik Gaya Surakarta dengan menampilkan Tari Gambyong Pareanom. Dua siswi penari tersebut adalah Anisa Nurulita Widiasti dan Widiastuti. Tim Penari SMK Negeri 3 Magelang berhasil menjadi Juara I.
Kepala SMK Negeri 3 Magelang menyampaikan bahwa para siswa memang banyak yang aktif mengikuti kegiatan ekstrakurikuler tari, sehingga lomba yang diikuti tersebut sebagai wujud mengukur kemampuan berlatih selama ini dan Alhamdulillah membuahkan hasil Juara I. Keberhasilan Tim Penari dari SMK Negeri 3 Magelang juga telah dipercaya menjadi Duta Promo kebudayaan di Negara Malaysia beberapa waktu yang lalu.
Kekompakan dari Tim Penari yang menampilkan kemampuan gerak tari penghayatan dalam pencapaian ekspresi dan karakter, ketepatan gerak tari dengan musik iringan memang menjadi kriteria penilaian, dan tim penari dari SMK Negeri 3 Magelang berhasil memperoleh Juara I karena memang teruji kemampuannya.

0 comments:

Post a Comment